Total Pageviews

musim liburan hampir tiba....siap lebih awal

Friday, April 9, 2010

taman pramuka bandung





Taman pramuka bandung terletak dijalan LLRE. martadinata atau lebih dikenal dengan jalan Riau. taman pramuka dengan tugu kitri (tunas kelapa) ini dahulu adalah bekas pompa bensin yang kemudian lahan tersebut di rubah menjadi lahan terbuka hijau sebagai taman untuk masyarakat kota bandung. sama halnya dengan taman dago atau taman juanda, in merupakan upaya pemerintah kota bandung untuk membuat bandung tetap hijau. 
taman pramuka di resmikan pada tanggal 16 juni 2008. taman pramuka ini dilengkapi dengan air mancur dengan tanaman bunga bakung warna merah hati. namun sekarang air mancur itu sudah tidak ceria lagi, karena tidak dipasang lagi, dan bunga bakungnya juga tidak sedang berbunga.
gerakan pramuka kwartir cabang kota bandung taman pramuka tempat ini dulu bernama lapangan dipati ukur, sekitar tahun 1950 (orange nassau plein). kawasan perumahan mewah dengan  halaman luas dipenuhi tanaman bunga. orange nassau plein atau lebih dikenal juga dengan sebutan oraje plein ini di bangun dengan bentuk taman sederhana sekitar tahun 1920. taman ini berbentuk setengah lingkaran dengan bangunan mirip gazebo ditempatkan di tengahnya. dibangunan ini awalnya berdiri di tengah kolamtetapi ketika tiga sisi bangunannya ditutupi jendela, kolam itupun mulai di timbu. bangunan itu semula dimaksudkan untuk tempat bersantai di tengah taman, kemudian menjadi kedai minum santai, dan menjadi toko aneka kebutuhan sehari-hari sekitar tahun 1940. sekitar wal tahun 1970 bangunan ini menjadi bangunan kosong dan akhirnya menjadi pusat segala aktifitas kepramukaan dikota bandung.
sekitar tahun 1970 di tempat ini dibangun gedung perkantoran di belakang bangunan yang telah ada. ketika taman dipati ukur dipergunakan untuk kegiatan pramuka, sejak saat itu namanya menjadi taman pramuka. perkembangan kegiatan pramuka belakangan meyebabkan gedung perkantoran itu diperbesar dan dibuat bertingkat sekitar tahun 1980. di daerah ini juga terdapat jalan taman pramuka, yang menghubungkan antara jalan LLRE martadinata dengan jalan supratman bandung.



Blog Archives

kolom komentar

Dapatkan comment widget ini di sini
Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More