Total Pageviews

musim liburan hampir tiba....siap lebih awal

Wednesday, September 7, 2016

CARA MEMPERBAIKI PEGAS ATAU MAINSPRING JAM KUNO

pada posting sebelumnya yang berjudul memperbaiki jam kuno sudah dijelaskan mengenai kerusakan mainspring tipe drum yang patah pada ujung as nya. sekarang akan kami coba jelaskan lanjutan dari posting kami sebelumnya.
pegas atau per yang rusak pada ujungnya bisa diperbaiki jika panjang per masih yang tersisa masih luamayan panjang. untuk ukuran panjang per berapa yah..ini perkiraaan aja...hehe
langkah pertama untuk memperbaiki per yang patah adalah dengan menarik keluar per dari drumnya. kemudian dilakukan pemanasan pada ujung per yang patah. perlakukan panas  ini untuk memberikan sifat baja per agar bisa dibentuk dan mudah dilubangi. panjang per yang dipanaskan sekitar 10 cm.
pemanasan bisa dilakukan dengan alat khusus, bisa dengan kompor atau dengan las karbit. ujung per yang dipanaskan kemudian dilubangi, bisa dengan dilas. besar lubang sekitar 0.5 cm.





langkah kedua adalah membentuk lubang hasil las tersebut agar bisa terkait dengan poros. haluskan bekas las dengan kikir kecil. kemudian bentuk ujung per tersebut menjadi melingkar kecil sesuai dengan poros. cara membentuk ujung per dilakukan dengan palu dan tang. pukul-pukul dengan pelan dan telaten. kunci keberhasilan pembentukan ujung per ini ada pada ketelatenan dan kehati-hatian. pengalaman kami membentuk ujung per ini, gagal atau patah tiga kali karena terlalu keras dalam menekuk ujung per. ingat bahwa per ini berbahan baja yang sudah dipanaskan, mudah patah.



setelah ujung per dibentuk sesuai dengan batang poros, bisa dicoba dimasukkan dulu  porosnya, apakah bisa menyangkut lubang yang dibuat dengan porosnya. kemudian masukkan per kedalam drum. pada waktu memasukkan per ke dalam drum atau rumah per, pergunakan kaos tangan atau kain uantuk memegang drumnya dan kacamata. hal ini sebagai langkah keamanan kerja.
setelah per masuk kedalam drum atau rumah per dan poros sudah terpasang, kemudian pasang tutup drum. gambar mainspring yang sudah ditutup seperti pada gambar dibawah ini



selanjutnya mainspring yang sudah diperbaiki bisa dirangkai pada mesin jam kuno.






0 comments:


Blog Archives

kolom komentar

Dapatkan comment widget ini di sini
Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More